Makna Lambang MAPALA SKY


MAKNA LAMBANG MAPALA SKY
SEKOLAH TINGGI PRABUMULIH

UNIT KEGIATAN MAHASISWA KHUSUS
MAHASISWA PECINTA ALAM  SKY
Atau dapat disingkat dengan :
“MAPALA SKY”
Nama UKMK MAPALA SKY diambil dari kata SKY yang dalam kamus besar Bahasa Inggris berarti adalah Langit. Langit dalam pemahaman masyarakat kita adalah kondisi tertinggi atau puncak, diharapkan Mahasiswa/i yang berada di dalam MAPALA SKY dapat memiliki kreativitas dan wawasan serta dapat mencapai prestasi yang seluas-luasnya dan setinggi-tingginya seperti langit. Selain itu juga SKY merupakan Akronim dari Spirit King Young yang berarti Semangat Raja Muda, diharapkan setiap mahasiswa yang telah dididik dan dibina melalui UKMK ini dapat menjadi mahasiswa yang berjiwa pemimpin dan bersemangat, berwatak pejuang serta berwawasan lingkungan sehingga dapat menjadi pemimpin masa depan yang peduli terhadap lingkungan hidup dan alam.

Nama MAPALA SKYtersebut telah disepakati dalam rapat persiapan dan penyusunan AD/ART MAPALA SKY Sekolah Tinggi Prabumuih pada tanggal 10 Mei 2012. Adapun makna dari lambang MAPALA SKY adalah :

1.       Tali-temali berbentuk bulat dan berwarna hitam : tali berarti Hubungan, bulat berarti Persatuan dan kesatuan, warna Hitam berarti misteri alam dan manusia
2.       Warna biru : lautan dan langit sebagai cakrawala pandang, wawasan dan kreativitas yang dinamis.
3.       Warna hijau : symbol kelestarian alam dan lingkungan hidup
4.       Mahkota berwarna kuning dengan tiga sudut: sikap optimis, kesadaran dan loyalitas dalam mengamalkan tri dharma perguruan tinggi.
5.       Lima carabiner merupakan pancasila sebagai azaz yg saling terikat satu sama lain
6.       Pita berwarna putih merupakan lambang persaudaraan dan kode etik pecinta alam
7.       Tulisan MAPALA SKY berwarna merah merupakan symbol semangat dan keberanian Mahasiswa Sekolah Tinggi Prabumulih
8.       Arah mata angin U,S,B,T sebagai pedoman dan arah pergerakan

Bookmark the permalink.

Leave a reply